Berita

Pemerintah Akan Luncurkan Bimbingan Perkawinan Secara Daring

Senin, 19 April 2021 - 20:30
Pemerintah Akan Luncurkan Bimbingan Perkawinan Secara Daring Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri saat membuka Rakornis Persiapan Peluncuran Situs Web Bimbingan Perkawinan. (Foto: Dokumentasi Kemenko PMK/Tratama Helmi Supanji)

TIMES KARANGANYAR, JAKARTA – Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Femmy Eka Kartika Putri menjelaskan, saat ini pemerintah tengah mempersiapkan program bimbingan perkawinan calon pengantin secara daring.

“Dalam upaya menyempurnakan dan melakukan penguatan program Bimbingan Perkawinan, pemerintah memperluas informasi seputar perkawinan secara daring melalui Situs Web Bimbingan Perkawinan,” ujarnya saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Persiapan Peluncuran Situs Web Bimbingan Perkawinan di Ruang Rapat Lantai 14 Kemenko PMK Jakarta, Senin (19/04/2021).

rakornis Bimbingan Perkawinan 2

Lebih lanjut, Deputi Femmy mengatakan pentingnya dari situs web program Bimbingan Perkawinan bagi para calon pengantin pada saat ini.

Menurutnya, di era digitalisasi saat ini, bimbingan perkawinan dengan menggunakan media internet akan mempermudah pelaksanaan program bimbingan perkawinan. Siapa saja di seluruh provinsi di Indonesia nantinya bisa mengakses dan memperoleh informasi seputar perkawinan.

“Situs web Bimbingan Perkawinan bertujuan memberikan pelatihan yang komprehensif untuk menunjang kelancaran rencana kerja pemerintah dalam rangka mewujudkan keluarga sakinah melalui sistem aplikasi serta berbagai upaya untuk mewujudkan akuntabilitas dan tertib administrasi dalam penyelenggaraan perkawinan,” ucap Femmy.

Bimbingan perkawinan ini nantinya dapat diakses melalui situs www.bimbinganperkawinan.com. Namun sebelum situs web Bimbingan Perkawinan itu diluncurkan, masih terdapat beberapa hal yang tengah disempurnakan seperti update materi dan artikel mengenai keluarga dalam situs web yang belum optimal dalam pelaksanaannya serta masih sedikitnya para calon pengantin yang mengikuti program Bimbingan Perkawinan tersebut.

Kepala Sub Direktorat Bina Keluarga Sakinah Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Adib Machrus menjelaskan perlu dilakukan sosialisasi secara masif kepada para pasangan calon pengantin mengenai program Bimbingan Perkawinan secara daring.

“Setelah situs web Bimbingan Perkawinan tersebut diluncurkan, perlu dilakukan komunikasi dan sosialisasi secara terus-menerus mengenai isi dari program tersebut kepada para pasangan calon pengantin supaya mereka benar-benar siap dalam membangun keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah,” jelasnya.

Pada rapat tersebut telah ditetapkan tanggal peluncuran situs web Bimbingan Perkawinan pada 17 Mei 2021 berbarengan dengan peluncuran Aplikasi Super Apps Kementerian Agama.

Selain itu, dalam mengelola situs web Bimbingan Perkawinan diperlukan admin dari masing-masing Bimbingan Masyarakat Agama (Islam, Kristen, Khatolik, Konghucu, Hindu, dan Buddha) untuk mengisi konten dan materi terkait membangun sebuah keluarga. Serta, membuka layanan tanya-jawab bagi para pasangan calon pengantin mengenai program Bimbingan Perwakinan. (*) 

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Karanganyar just now

Welcome to TIMES Karanganyar

TIMES Karanganyar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.