Ekonomi

Wapres RI KH Ma'ruf Amin Minta BSI Juga Menyasar UMKM Syariah

Kamis, 25 Februari 2021 - 15:33
Wapres RI KH Ma'ruf Amin Minta BSI Juga Menyasar UMKM Syariah Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Liputan6)

TIMES KARANGANYAR, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin meminta Bank Syariah Indonesia (BSI) menyasar lebih banyak kelompok muslim milenial untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis syariah.

Demikian disampaikan Wapres RI KH Ma'ruf Amin dalam dalam pidatonya pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) BSI Tahun 2021 secara virtual dari Rumah Dinas Wapres, di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Bank Syariah IndonesiaLogo BSI. (FOTO: Bisnis)

"Berkembangnya kelas menengah dan generasi milenial muslim juga meningkatkan kebutuhan akan produk layanan syariah, termasuk jasa keuangan syariah. Peluang ini harus ditangkap dan dimanfaatkan dengan baik oleh BSI," ujar KH Ma'ruf Amin.

Dengan menyediakan program layanan keuangan syariah kepada kelompok muslim milenial, Wapres Ma'ruf Amin berharap BSI dapat turut mendorong bertambahnya jumlah pengusaha yang bergerak di industri syariah.

Kata dia, sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan pasar yang potensial bagi konsumen dan produsen produk-produk halal.

"Meningkatnya halal awareness belakangan ini juga menumbuhkan industri halal lainnya, di antaranya halal food, halal fashion, halal healthcare, halal travel dan sebagainya. Semua itu peluang yang harus ditangkap oleh BSI," jelasnya.

Bank Syariah Indonesia 2Bank Syariah Indonesia. (FOTO: Kumparan)

Sebagai alternatif peranti ekonomi dan keuangan, sistem syariah harus menjadi pilihan yang rasional bagi masyarakat. Wapres meminta BSI dapat menjadi layanan perbankan syariah yang inklusif dan universal sesuai ajaran Islam.

"BSI harus dapat menjadikan nasabah mikro dan kecil naik kelas. Kita tidak cukup berpuas diri dengan melayani segmen mikro dan kecil, tetapi kita harus dapat membuatnya naik kelas menjadi usaha yang lebih produktif agar usaha mikro tidak mengalami stunting," tutur dia.

Selain itu Wapres RI KH Ma'ruf Amin juga berharap BSI dapat berperan aktif dalam mengembangan layanan keuangan mikro berbasis syariah di daerah-daerah, seperti Baitul Maal wa Tamwil (BMT), Bank Wakaf Mikro (BWM), koperasi syariah, dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) jenis lain.

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Karanganyar just now

Welcome to TIMES Karanganyar

TIMES Karanganyar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.